Peran Besar Ibu dalam Membangun Keluarga Harmonis

No Comments
Seorang ibu atau istri yang merupakan bagian dalam sebuah keluarga dan memliki posisi sebagai pendamping suami dan pengurus anak-anak. Perubahan jaman yang semakin modern terkadang ibu memiliki tugas yang berat, di mana tidak hanya mengurus suami dan anaknya namun ikut berjuang membantu ekonomi keluarga. Seorang ibu rela membanting tulang untuk menambah penghasilan demi bertahan di jaman dengan kebutuhan yang tinggi ini. Ibu hadir dalam peranan yang  besar dalam menciptakan keluarga harmonis. Tanpa ibu, para ayah mungkin dalam hal urusan rumah tangga tidak punya kekuatan yang cukup untuk menciptakan sebuah keluarga yang sejahtera. Bagaikan sepasang kaki yang digunakan sebagai berjalan, apabila satu kaki tidak berfungsi dengan baik, maka akan lebih sulit bila dipakai untuk berjalan.

Ibu biasanya lebih memberikan kasih sayang kepada suaminya maupun anak-anaknya. Ketika kasih sayang yang diberikan seimbang antara suami dan anaknya maka keutuhan sebuah keluarga bisa terjamin. Selain itu hal yang pasti berat adalah mengatur kehidupan keluarga, artinya bahwa sering kita melihat seorang ibu mengurus banyak hal di dalam sebuah kehidupan keluarga. Ibu seringkali memastikan segala kebutuhan anggota keluarganya dapat terpenuhi dengan baik. Contohnya mulai dari membangunkan anak untuk berangkat sekolah, menyiapkan sarapan pagi untuk suami dan anak-anaknya, makin siang sampai makan malam, kemudian belum lagi mencuci pakaian, bahkan dalam mengatur penghasilan suami supaya cukup untuk membayar semua kebutuhan baik dari makanan, tagihan listrik dan air, biaya sekolah anak, tabungan, dan masih banyak hal yang ibu lakukan. Seorang ibu juga biasanya lebih peduli atau memperhatikan pendidikan anggota keluarganya dengan megetahui minat dan cara belajar anak yang sesuai.

Tak lupa seorang ibu harus menjaga kesehatan keluarganya, ibu biasanya sangat peduli bagaimana kebutuhan nutrisi sehari-hari yang dibutuhkan suami dan anaknya. Maka dari itu seorang ibu harus pintar membagi waktunya demi mengurus segala rutinitas keluarga. Melihat peran besar tersebut tak heran apabila tugas ibu sangat memberikan kontribusi terhadap terjalinnya keluarga harmonis. Penjelasan beberapa tugas dan peran seorang ibu yang banyak itu lah menuntut anggota keluarga lain untuk bisa menghargai apa yang telah dilakukannya terhadap keluarga, dengan pujian, kecupan atau ungkapan terima kasih kepada ibu pasti akan membuat hati seorang ibu luluh, meski ibu melakukannya dengan tulus hati demi keluarganya.

Pada dasarnya apabila setiap anggota keluarga memahami tugas dan peran masing-masing dan melaksanakannya dengan baik, maka keharmonisan akan tercipta. Sariwangi mengajak para ibu untuk setiap harinya bisa menjaga selalu kehangatan keluarganya dengan meluangkan waktu di sela tugas-tugas ibu yang berat untuk berkumpul dan berbagi cerita dengan secangkir teh dari Sariwangi. Dengan saling memaknai arti peran setiap anggota keluarga, maka keluarga harmonis akan selalu terjaga.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar

Posting Komentar